Tupoksi

Uraian Tugas

Camat mempunyai tugas melaksanakan kewenangan pemerintah yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani urusan otonomi daerah :
• Merumuskan program kerja dan kegiatan kecamatan dalam wilayah kerjanya;
• Melaksanakan sebagian kewenangan Bupati yang dilimpahkan, meliputi:
1. Bidang pemberdayaan masyarakat;
2. Bidang Ketentraman dan ketertiban umum;
3. Bidang penegakan peraturan perundang-undangan;
4. Bidang pemeliharaan prasarana dan fasilitas;
5. Bidang pemerintahan kecamatan;
6. Bidang pemerintahan desa dan kelurahan;

• Mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
• Mengoordinasikan upaya penyelenggarakan ketentraman dan ketertiban umum;
• Mengoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
• Mengoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayananan umum;
• Mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan ditingkat kecamatan;
• Membina penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan atau Kelurahan;
• Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan atau yang belum dapat dilaksanakan Pemerintahan Desa atau Kelurahan;
• Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

Selain tugas sebagaimana dimaksud diatas, Camat melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah yang meliputi aspek :
• Perizinan;
• Rekomondasi;
• Koordinasi;
• Pembinaan;
• Pengawasan;
• Fasilitasi;
• Penetapan;
• Penyelenggaraan;
• Kewenangan lain yang dilimpahkan.

Pelimpahan kewenangan pemerintahan sebagaimana dimaksud tersebut ditetapkan dengan peraturan Bupati.

1. Sekretariat Kecamatan

1. Sekretariat Kecamatan mempunyai tugas memberikan pelayanan teknis administratif kepada seluruh unsur-unsur Organisasi Kecamatan yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, umum dan perlengkapan, program, evaluasi dan pelaporan;

2. Dalam melaksanakan tugasnya Sekretariat Kecamatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai fungsi:
• Menyusun program/rencana, pengendalian dan evaluasi kegiatan;
• Pengelola urusan keuangan;
• Pengelola urusan umum dan perlengkapan;
• Pengelola urusan kepegawaian.
• Pelaksanaan kegiatan evaluasi, dokumentasi dan pelaporan;
• Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya;

3. Sekretariat Kecamatan mempunyai tugas pokok dan fungsi dimaksud ayat (1) dan (2), sekretariat mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
• Menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan program dan kegiatan;
• Menyiapkan bahan dan melaksanakan pengelolaan ketatausahaan / surat menyurat;
• Menyiapkan bahan dan melaksanakan pengelolaan keuangan;
• Menyiapkan bahan dan melaksanakan kepegawaian;
• Menyiapkan bahan dan melaksanakan urusan rumah tangga dan perlengkapan serta urusan umum lainnya;
• Menyiapkan bahan dan melaksanakan urusan kehumasan dan keprotokolan;
• Menyiapakan bahan evaluasi dan dokumentasi serta melaksanakan pelaporan kegiatan ;
• Melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan instansi / unit kerja terkait bidang tugasnya;
• Mengevaluasi pelsakanaan tugas;
• Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

4. Sekretariat terdiri dari :
• Sub bagian umum dan kepegawaian
• Sub bagian perencanaan dan keuangan
• Sub bagian evaluasi, dokumentasi, pelaporan

5. Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas :
• Menyusun rencana Sub Bagian Keuangan berdasarkan rencana kerja Kecamatan;
• Melaksanakan pelayanan administrasi keuangan;
• Melaksanakan urusan inventaris;
• Mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
• Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan Karier;
• Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;
• Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/ kegiatan kepada atasan.

6. Kepala Sub Bagian Umum & Kepegawaian mempunyai tugas menyelenggarakan kegiatan pengelolaan urusan surat menyurat, penggandaan, rumah tangga dan perlengkapan keprotokolan dan kehumasan serta menyelenggarakan kegiatan pengelolaan urusan kepegawaian:
Untuk menjabarkan tugas pokok sebagaiamana tersebut, Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas sebagai berikut :
• Menyusun rencana Sub Bagian Kepegawaian berdasarkan rencana kerja Kecamatan;
• Menyiapkan bahan dan menyusun Rencana Kebutuhan Barang Unit dan Rencana Tahunan Barang Unit (RKBU dan RTBU)
• Melaksanakan urusan pengadaan dan urusan rumah tangga yang berkenaan dengan penyediaan sarana alat kantor dan keperluan kantor.
• Melaksanakan penataan administrasi pendistribusian sarana alat kantor dan keperluan kantor terhadap unsur – unsur organisasi unit.
• Menyiapkan bahan dan melaksanakan inventarisasi, pemeliharaan, pengahapusan barang / aset unit
• Melaksanakan penataan administrasi perjalanan dinas, akomodasi tamu, humas dan keprotokolan;
• Melaksanakan pelayanan administrasi umum yang meliputi urusan dalam, urusan surat menyurat, dan ketatalaksanaan;
• Melaksanakan penataan administrasi kepegawaian yang meliputi bazetting, formasi, DUK, data pegawai dan rekapitulasi absensi pegawai;
• Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier;
• Menghimpun bahan usulan mutasi kepegawaian meliputi pengusulan, kenaikan gaji berkala, pemeindahan, pemberhentian dan pensiun
• Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas;
• Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/ kegiatan kepada atasan.

7. Kepala Sub Bagian Evaluasi Dokumentasi dan Pelaporan mempunyai tugas:
• Memberikan fasilitasi administrasi dalam rangka pelaksanaan Evaluasi, Dokumentasi dan Pelaporan kegiatan Kecamatan;
• Menyusun program kerja dan petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan bidang tugasnya;
• Menyiapkan bahan dan fasilitasi pelaksanaan evaluasi kegiatan semua unsur organisasi kecamatan dan kegiatan konfrehensif kecamatan;
• Menyiapkan bahan dan fasilitasi pelaksanaan dokumentasi kegiatan semua unsur organisasi kecamatan dan kegiatan konfrehensif kecamatan;
• Menyiapkan bahan dan fasilitasi pelaksanaan pelaporan kegiatan semua unsur organisasi kecamatan dan kegiatan konfrehensif kecamatan;
• Menyiapkan bahan dalam rangka evaluasi terhadap sistem pelaksanaan kegiatan;
• Menyiapkan bahan koordinasi dan kerja sama dengan instansi atau unit kerja terkait dibidang tugasnya;
• Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

2. Kepala Seksi Pemerintahan mempunyai tugas :

1. Seksi Pemerintahan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas pemerintahan Kecamatan berdasarkan pelimpahan kewenangan dari Pemerintah Kabupaten dibidang pemerintahan yang meliputi urusan pemerintahan umum dan pemerintahan desa / kelurahan;

2. Seksi pemerintahan mempunyia tugas sebagai berikut :
• Menyiapkan bahan dalam rangka mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di kecamatan;
• Menyiapkan bahan, program dan pelaksanaan pembinaan pemerintahan umum sesuai dengan kewenangan yang dilimpahkan;
• Menyiapkan bahan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan desa/kelurahan;
• Menyiapkan bahan fasilitasi pembinaan politik dan pemilu;
• Menyiapkan bahan fasilitas pembinaan kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat;
• Menyiapkan bahan fasilitasi pembinaan dan penyelesaian urusan keagrariaan / pertanahan;
• Menyiapkan bahan fasilitasi pengelolaan tata batas wilayah kecamatan desa / kelurahan;
• Menyiapkan bahan fasilitasi pembinaan kependudukan dan catatan sipil;
• Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya;
• Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya;

3. Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum

1. Seksi Keamanan dan Ketertiban Umum mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas pemerintahan Kecamatan berdasarkan pelimpahan kewenangan dari Pemerintah Kabupaten dibidang keamanan dan ketertiban umum yang meliputi pembinaan keamanan dan ketertiban umum serta penegakan peraturan perundang-undangan;

2. Seksi Keamanan dan Ketertiban Umum mempunyai tugas sebagai berikut:
• Menyiapkan bahan dalam rangka pengkoordinasian penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
• Menyiapkan bahan dalam rangka pengkoordinasian upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
• Menyiapkan bahan program pelaksananan pembinaan ketentraman dan ketertiban umum sesuai dengan kewenangan yang dilimpahkan;
• Menyiapkan bahan fasilitasi pelaksanaan kegiatan pembinaan keamanan dan ketertiban tempat-tempat/fasilitas umum;
• Menyiapkan bahan fasilitas pelaksanaan kegiatan pembinaan keamanan dan ketertiban lingkungan umum dan fasilitas pemerintah;
• Menyiapkan bahan fasilitasi pembinaan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
• Menyiapkan bahan fasilitasi ketentraman dan ketertiban umum di Kecamatan dan desa/kelurahan;
• Menyiapkan bahan fasilitasi pembinaan pos keamanan di lingkungan (Pos Kamling) di desa/kelurahan;
• Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya;
• Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya;

4. Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan

1. Seksi Ekonomi Pembangunan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas pemerintahan Kecamatan berdasarkan pelimpahan kewenangan dari Pemerintah Kabupaten dibidang perencanaan dan pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan yang meliputi pelaksananan pembinaan pembangunan sarana dan prasarana perekonomian desa/kelurahan produksi dan distribusi serta pembinaan lingkungan hidup;

2. Seksi Ekonomi Pembangunan mempunyai tugas sebagai berikut :
• Menyiapkan bahan program dan pelaksanaan pembinaan perekonomian dan pembangunan sesuai dengan kewenangan yang dilimpahkan;
• Menyiapkan bahan dalam rangka mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
• Menyiapkan bahan fasilitasi pembinaan kegiatan industri, perdagangan, koperasi dan UKM;
• Menyiapkan bahan fasilitasi pembinaan kegiatan pertanian, pertambangan energi, perhubungan, dan penanaman modal;
• Menyiapkan bahan fasilitasi kegiatan tata ruang, pekerjaan umum dan penataan pembangunan, kebersihan dan pasar;
• Menyiapkan bahan pengelolaan pelayanan perizinan/rekomendasi dibidang perekonomian dan pembangunan sesuai kewenangan yang dilimpahkan oleh Bupati;
• Menyiapkan bahan fasilitasi peningkatan pendapatan asli daerah;
• Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya;
• Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya;

5. Seksi Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat

1. Seksi Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan sebagian kewenangan yang dilimpahkan Pemerintah Kabupaten dibidang Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.

2. Seksi Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat mempunyai tugas sebagai berikut :
• Menyiapkan bahan program dan pelaksanaan pembinaan Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat;
• Menyiapkan bahan fasilitasi dalam rangka pengkoordinasian pemberdayaan masyarakat;
• Menyiapkan bahan fasilitasi pembinaan penyandang masalah kesejahteraan sosial;
• Menyiapkan bahan fasilitasi pembinaan pemberdayaan masyarakat, perempuan dan keluarga berencana;
• Menyiapkan bahan fasilitasi pembinaan ketenaga kerjaan dan transmigrasi;
• Menyiapkan bahan fasilitasi pembinaan kesejahteraan masyarakat;
• Menyiapkan bahan fasilitasi penyiapan lokasi/tempat pembangunan sarana/prasarana pembinaan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PKMS);
• Menyiapkan bahan fasilitasi penyiapan lokasi/lahan pembangunan sarana/prasarana kesehatan, ketenaga kerjaan dan transmigrasi;
• Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya;
• Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu © 2016 U_IT Kominfo Tanah Bumbu