Rapat Koordinasi Pembahasan Hasil Survey Cacing Pita Kerdil (Hymenolepis Nana)

Rapat Koordinasi

Selasa, tanggal 31 Juli 2018 bertempat di Ruang kantor Camat Kusan Hilir diadakan Rapat Koordinasi Pembahasan dan Penanganan Lebih Lanjut Mengenai Hasil Survey Cacing Pita Kerdil (Hymenolepis Nana) di Desa Pejala yang dihadiri oleh Camat beserta para pejabat Kec. Kusan Hilir, Kepala Puskesmas Perawatan Pagatan, Kepala Desa/perwakilan Desa Juku Eja, Pejala dan Wirittasi serta Kepala Desa Gusungnge dan tidak lupa juga dari perwakilan PKK Desa dan Kader Posyandu.
     Permasalahan yang dibahas mengenai hasil survey pada tahun 2016 Balitbang pada siswa SDN Juku Eja menunjukkan nilai persentasi 80% positif terkena penyakit Cacing Pita Kerdil (Hymenolepis Nana) yang kemungkinan disebabkan oleh faktor lingkungan yang tidak bersih dan kotoran dari tikus serta positif ditemukan pada sampel tanah di sekitar sekolahan tersebut.
     Sekilas gambaran mengenai cacing pita kerdil ini biasanya banyak terdapat pada anak-anak. Telurnya dapat menetas dan bertumbuh menjadi dewasa tanpa meningalkan usus itu. infeksi menjadi karena menelan telur-telur cacing itu. Cacing ini dapat menimbulkan gejala penyakit saraf atau kehilangan nafsu makan, tetapi sering tidak menimbulkan gejala sama sekali, kalau cacing ini ada di dalam perut, maka banyaklah telur yang keluar bersama tinja.
Bersama hymenolepis nama digolongkan juga cacing pita tikus, Cacing pita anjing dan kucing. Kedua jenis cacing ini sangat kecil. Cacing ini tidak selamanya menimbulkan infeksi pada manusia, tetapi nampaknya dapat juga menimbulkan infeksi setelah secara kebetulan menelan cacing atau serangga yang ditulari jentik-jentiknya.
     Solusi Permasalahan yang akan diambil antara lain: Pihak Puskesmas Perawatan Pagatan menunggu hasil dari penelitian Balitbang dan pemberitahuan dari Dinas Kesehatan secara berjenjang untuk mencarikan obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan anak yang menderita penyakit Cacing Pita Kerdil dikarenakan pada saat ini masih tidak bisa disembuhkan dengan obat cacing biasa, sosialisasi dari semua pihak terutama dari Aparat Desa yaitu dari Kepala Desa, Kader Posyandu dan PKK Desa kepada masyarakat mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), melakukan pemantauan/monitoring terhadap perkembangan cacing pita kerdil di seluruh desa pada wilayah kecamatan Kusan Hilir. (Tim Website-DL)
Updated: 1 Agustus 2018 — 12:46 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu © 2016 Frontier Theme