PELANTIKAN BPD 5 DESA

pelantikan desa

Pelantikan BPD desa Mekar Jaya, Satiung, Pagarruyung, Saring Sungai Bubu dan Saring Sungai Binjai (fer : 18/4/2016)

Kecamatan Kusan Hilir merupakan kecamatan yang tertua di Kabupaten Tanah Bumbu memiliki pembagian wilayah pedesaan paling banyak diantara kecamatan yang lain, yaitu terdiri dari 34 desa dan 1 kelurahan.

Desa  merupakan   satu   kesatuan   masyarakat   hukum,   maka   dalam kehidupan  dibatasi oleh sebuah peraturan yang harus ditaati, peraturan dibuat dengan tujuan agar dalam  kehidupan bermasyarakat tercipta suatu kehidupan yang harmonis, adil, aman dan makmur.

Pemerintahan  Desa  adalah  kegiatan  pemerintahan  yang  dilaksanakan oleh Pemerintah Desa dan  Badan  Permusyawaratan Desa. Badan Permusyawaratan  Desa yang    seterusnya disebut BPD adalah Badan Permusyawaratan yang terdiri atas pemuka-pemuka masyarakat yang ada di Desa  yang   berfungsi  mengayomi adat-istiadat, membuat  Peraturan  Desa, menampung  dan menyalurkan aspirasi masyarakat, serta melakukan pengawasan  terhadap penyelenggaraan  pemerintahan  desa   (Peraturan pemerintah No. 72 tahun 2005 tentang Desa).

Pada kesempatannya Bupati Tanah Bumbu yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu (Sudian Noor) melantik BPD untuk 5 desa, yaitu desa Mekar Jaya, Satiung, Pagarruyung, Saring Sungai Bubu dan Saring Sungai Binjai di Gedung Serba Guna desa Pasar Baru (Senin 20/4/2016).

Dalam sambutannya Sudian Noor mengharapkan agar BPD yang dilantik agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan harapan desanya. Di acar tersebut dihadiri juga oleh Kepala BPMPD Kabupaten Tanah Bumbu, Staf Khusus Bupati Tanah Bumbu, Unsur Muspida Kecamatan Kusan Hilir yaitu Camat Kusan Hilir (Nahrul Fajeri), Kapolres Kusan Hilir, Danramil Kusan Hilir, dan seluruh Kepala Desa se Kecamatan Kusan Hilir. (fer)

Updated: 20 April 2016 — 1:07 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *