LAHAN SAWIT KARYA BAKTI

foto ; jayadi - mekar jaya

foto ; jayadi – mekar jaya

Kusan Hilir, Pertemuan yang adakan oleh PT. Batulicin Agro Sentosa di desa Karya Bakti (Jumat, 13 Mei 2016) dihadiri oleh Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Tanah Bumbu, Kepala Desa Karya Bakti beserta jajarannya, Polmas desa Karya Bakti dan masyarakat setempat guna membicarakan kemitraan lahan desa Karya Bakti yang akan ditanami Sawit.

Lahan yang akan ditanami oleh PT. BAS seluas 200ha, yakni hampir separo dari luas wilayah desa Karya Bakti. Penawaran PT. BAS terhadap lahan masyarakat yaitu terdiri dari proses penanaman sampai produksi dengan dikurangi biaya bibit sawit, pupuk dan hebrisida, sedangkan sistem polanya masih mengacu pada sistem perbankan, untuk sementara ada 2 perbankan yang menawarkan kerjasamanya.

Tanggapan masyarakat desa Karya Bakti pada umum nya menyatakan setuju untuk dapat bekerja sama dengan pihak PT. BAS, dikarenakan selama ini mata pencaharian masyarakat desa Karya Bakti kesehariannya hanya bertani dan memancing ikan.

Dari pihak Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Tanah Bumbu akan membantu dan meringankan pihak masyarakat untuk penyediaan bibit sawit, pupuk dan herbisida yang sudah masuk dalam hibah APBD II melalui DPA dari Dinas Perkebunan dan Kehutanah Kabupaten Tanah Bumbu. (fer-Jayadi)

Updated: 17 Mei 2016 — 8:30 am

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu © 2016 U_IT Kominfo Tanah Bumbu