BANJIR DI KUSAN HILIR

kusan hilir b.3Pada awal bulan Maret 2016 telah terjadi musibah banjir di wilayah Kecamatan Kusan Hilir, yaitu pada desa Karya Bakti, desa Satiung, desa Sardangan, desa Salimuran, desa Pulau Tanjung dan desa Beringin, hal ini diakibatkan oleh banjir kiriman dari hulu Sungai Kusan. Banjir tersebut mengakibatkan terendamnya beberapa pemukiman warga dan sebagian besar areal persawahan serta putusnya jalan transportasi warga. Kerugian yang dialami oleh 6 desa tersebut kurang lebih Rp. 7 miliyar, warga mengelukan bantuan bibit padi pada pemerintah setempat untuk mengurangi beban para petani yang sawahnya terendam banjir.

Rumah/ persawahan yang terendam banjir di 6 desa adalah desa Karya Bakti sebanyak 3 rumah/85 KK, desa Satiung sebanyak 17 rumah/302 KK dan 234,5 Ha lahan sawah , desa Sardangan sebanyak 9 rumah/226 KK dan 157 Ha lahan sawah, desa Salimuran 360KK dan 585 Ha lahan sawah,  desa Pulau Tanjung sebanyak 5 rumah/224 KK dan 185 Ha lahan sawah, desa Beringin 70 Ha lahan sawah.

Evakuasi korban banjir di 6 desa dapat dilakukan dengan baik, kecuali pada desa Karya Bakti ” Ada 1 KK yang masih menetap di pemukimannya” ujar Mahdin selaku Kepala Desa Karya Bakti

Bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu terus mengalir di Kantor Kecamatan Kusan Hilir. ” Bantuan yang datang dari Pemkab Tanah Bumbu serta Kementerian Sosial yang di salurkan melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Bumbu yaitu sebanyak 5 ton beras yang akan dibagikan 10 Kg masing KK yang terkena musibah” ujar Nahrul Fajeri (Camat Kusan Hilir) yang dalam hal ini menangani secara langsung di lapangan.(budianto; ferry; 10/3/16)

Updated: 18 Maret 2016 — 3:21 am

2 Comments

Add a Comment
  1. Semoga musibah banjir di wilayah Kecamatan Kusan Hilir cepat ditanggulangi dan ada aksi edukasi untuk penanggulangan banjir

    1. aamiin, trima kasih ka,, telah mampir di web kami

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu © 2016 U_IT Kominfo Tanah Bumbu