PAGATAN BALOGO

Kusan Hilir, Lomba Balogo Hut Tanbu 13 & Pesta Pantai "Mappanretasi" 2016
Kusan Hilir, Lomba Balogo Hut Tanbu 13 & Pesta Pantai “Mappanretasi” 2016

 

Kusan Hilir (21/4/2016), Balogo merupakan salah satu permainan tradisional di Kalimantan Selatan yang sudah tidak asing di mayarakat Pagatan – Tanah Bumbu.

Nama permainan balogo diambil dari kata logo, yaitu bermain dengan menggunakan alat logo. Logo terbuat dari bahan tempurung kelapa dengan ukuran garis tengah sekitar 5-7 cm dan tebal antara 1-2 cm dan kebanyakan dibuat berlapis dua yang direkatkan dengan bahan aspal atau dempul supaya berat dan kuat. Bentuk alat logo ini bermacam-macam, ada yang berbentuk bidawang (bulus), biuku (penyu), segitiga, bentuk layang-layang, daun dan bundar. (infostanbu /2016/04).

Dalam rangka memeriahkan Pesta Pantai “Mappanretasi” tahun 2016, pertandingan Balogo tak ketinggalan diselenggarakan oleh Panitia demi menampilkan, menjaga dan melestarikan permaianan-permainan tradisional budaya setempat. (fer)

3 tanggapan untuk “PAGATAN BALOGO

  1. tarima kasih gasan buhan warga pagatan tarutama pamarintah kabupaten tanah bumbu yang mamuat parmainan atawa balomba balogo dalam rangka mamariahakan hari jadi kabupaten tanah bumbu yang ka – 13 balomba balogo ini parlu dilastarikan tarus gasan anak cucu kita kaena,salamat hari jadi kabupaten tanah bumbu…..tanah bumbu yang hebat

      1. maaf mangganggu, anak pahuluan umpat basinggah pulang di web ini nah, ini sakadar usul haja pang untuk tahun-tahun kaena kalo kawa kesenian daerah saparti musik panting (banjar) supaya umpat jua pang di pastivalakan guna kita malastariakan kasania daerah tarimaksih sabalumnya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *